..:Hamzarblog:..

Hidup atau mengada secara sungguh-sungguh berarti berjuang, dengan keringat dan darah, dan bukan hanya sekedar hidup [KIERKEGAARD]”; Bahasa adalah “sangkar ada”. Kenyataan tidak tinggal di luar melainkan bersemayam dalam bahasa “[HEIDEGGER]”; Hidup adalah insting atas pertumbuhan, kekekalan dan pertambahan kuasa. Hidup adalah kehendak untuk penguasaan. Hidup bukan sebagai proses biologis, melainkan sebagai suatu yang mengalir, meretas, dan tidak tunduk pada apapun yang mematikan gerak hidup “[NIETZSCHE]”; Keberadaan diri pada kenyataannya tergantung atas tindakan, pengharapan dan hasrat. Manusia yang tidak mempunyai tiga hal tersebut, hidupnya hampa. Keberadaan kita bergantung pada adanya hasrat-hasrat dan tindakan-tindakan. Ketiadaan dari hal-hal tersebut membuat hidup kita lesu dan hampa “[MUH. IQBAL]

Wednesday, March 14, 2007

Golongan Darahku Karakterku; Benarkah?

Ponijan Liaw dalam bukunya “Understanding Your Communication Styles (Memahami Gaya Komunikasi Anda)”, menuliskan bahwa golongan darah ternyata sangat menentukan cara berpikir, berucap, dan bertindak. Hal ini terutama diyakini oleh orang-orang Jepang. Berikut ini adalah pemaparan Ponijan mengenai karakter orang yang bergolongan darah A, B, O, dan AB.

Karakter orang yang bergolongan darah A

Orang bergolongan darah A memiliki karakter yang mengakar kuat yang akan membantu mereka untuk tetap tenang dalam krisis ketika semua orang panik menghadapi situasi serupa.

Mereka cenderung menghindari konfrontasi dan sesungguhnya kurang nyaman berada di antara orang banyak. Mereka biasanya pemalu dan terkadang suka mengasingkan diri. Mereka mencari keharmonisan dan sangat sopan, tetapi sebenarnya tidak pernah benar-benar cocok dengan orang lain. Mereka sangat bertanggung jawab. Jika ada pekerjaan yang harus diselesaikan, mereka lebih suka mengerjakannya sendiri.

Orang-orang dengan golongan darah ini selalu mengukir sukses dan sangat perfeksionis. Mereka juga sangat kreatif dan paling artistik di antara semua golongan darah yang ada karena kesensitifan mereka.

Karakter orang yang bergolongan darah B

Orang dengan golongan darah B paling praktis di antara semua golongan darah yang ada. Mereka spesialis di bidang yang mereka geluti. Ketika memulai sebuah proyek, mereka akan menghabiskan waktu lebih banyak untuk memahami dan mencoba mengikuti arahan yang diperlukan. Jika mengerjakan sesuatu, mereka selalu fokus. Mereka cenderung berpedoman pada tujuan dan mengejarnya sampai tuntas walaupun kelihatannya pekerjaan itu tidak mungkin dilakukan. Mereka cenderung kurang kooperatif. Mereka lebih suka mengikuti peraturan dan gagasan mereka sendiri.

Orang bergolongan darah B lebih memperhatikan pikiran daripada perasaan, dan karenanya, terkadang terlihat dingin dan serius.

Karakter orang yang bergolongan darah O

Orang-orang dengan golongan darah O biasanya tidak banyak ambil pusing, penuh semangat, dan memiliki jiwa sosial yang tinggi. Mereka paling fleksibel di antara semua golongan darah yang ada. Mereka akan dengan cepat memulai sebuah proyek, namun mengalami masalah ketika melanjutkannya. Tidak jarang juga di antara mereka yang mudah menyerah di tengah jalan. Mereka terkadang bertingkah dan tidak terlalu dapat dijadikan sandaran. Mereka selalu mengatakan apa yang ada di pikiran mereka secara langsung. Mereka selalu jujur. Mereka menghargai pendapat orang lain dan suka menjadi pusat perhatian. Selain itu, orang-orang bergolongan darah O memiliki rasa percaya diri yang sangat kuat.

Karakter orang yang bergolongan darah AB

Orang dengan golongan darah AB sulit untuk dikelompokkan. Mereka dapat memiliki karakteristik di kedua ujung spectrum pada waktu yang bersamaan. Artinya, disatu sisi mereka pemalu, disisi lain, sangat terbuka. Mereka dengan mudah mengubah satu sisi ke sisi yang lain. Mereka dapat dipercaya dan bertanggung jawab, namun tidak dapat bertanggung jawab jika terlalu banyak yang dituntut dari mereka. Mereka tidak keberatan membantu sepanjang sesuai syarat mereka. Orang-orang dengan golongan darah ini sangat suka dengan seni dan metafisika.

AB juga dianggap sebagai tipe darah terburuk di Jepang. Mereka juga suka menentukan syarat sendiri dan berhak menggugurkan syarat tersebut jika tidak sesuai dengan harapan mereka. Mereka dikenal sangat sensitif dan penuh perhatian.

Benarkah?

Yang paling bisa menentukan jawaban dengan tepat, apakah benar atau salah golongan darah menentukan karakter seseorang adalah diri kita sendiri, karena yang paling mengenali diri kita adalah kita sendiri. Kita bisa merenungkan dan mempertanyakannya pada diri kita sendiri, apakah karakter dan golongan darah yang kita miliki sesuai dengan apa yang dituliskan oleh Ponijan!

Saya adalah orang yang bergolongan darah A, dan setelah saya renungkan ternyata karakter yang saya miliki sesuai dan terlukiskan dalam penjelasan golongan darah di atas. Nah, sekarang bagaimana dengan Anda? Apa komentar Anda tentang hal ini?

6 Komentar:

    • At 8:21 PM, Anonymous Anonymous said…

      kalo golongan darah AB terburuk di Jepang, kayaknya di Indonesia AB yang terbaik deh...coz ia mampu menggabungkan 2 karakter yang berbeda bukan???hehehe. agangCIA

       
    • At 2:57 AM, Blogger pyuriko said…

      GOlongan darahku jg A,.. dan hampir sama sprt yg dijabarkan di atas ^_^

       
    • At 4:37 AM, Anonymous Anonymous said…

      Golongan darah kita sama dong, zodiaknya jg sama: "dog". gul...guk...guk...
      hehehe....:)

       
    • At 12:28 AM, Anonymous Anonymous said…

      ass.maaf mennganggu,perasaan saya mengatakan hal itu benar (kebetulan darah saya AB), tapi pikiran saya pengatakan tidak benar, trus tiba2 sya teringat dengan kata2 orang yang selalu memisahkan perasaan dan pikiran. saya jadi bingung sendiri deh! Apa beda antara perasaan dan pikiran?

       
    • At 6:41 AM, Anonymous Anonymous said…

      perasaan dan pikiran adalah dua hal yang berbeda. perasaan lebih mengedepankan hati dalam menilai sesuatu, sedangkan pikiran lebih mengedepankan rasio dlm menilai sesuatu. dalam keadaan tertentu, perasaan dan pikiran kadang bertolak belakang. rasio itu sifatnya sangat spekulatif dan sering bikin kepala mumet. cobalah untuk mengedepankan hati dalam memutuskan sesuatu.

      masalah golongan darah g usah terlalu dipikirkan, semuanya punya kekurangan dan kelebihannya masing2.

      sykurilah apa yg telah dianugerahkan kepada kita.

      dalam keluargaku ada yg punya golongan darah A, B, dan AB, tapi keluarga kami bisa hidup dengan bahagia. hidup ini kan untuk bahagia.
      bagaimana? spakat!

       
    • At 8:33 PM, Anonymous Anonymous said…

      SEpertinya hampir cocok boz. Saya golongan darah O, tapi kurang fleksibel, dan kurang percaya diri. Selain itu mirip :D

       
    • Post a Comment